Kamis, 30 April 2009

tugas 6 (irma)

IRMA WIDIYANTI

5115083383

tugas 6

Perbandingan ISTILAH

  1. FIREWALL
    • Istilah yang diterjemahkan,

Dinding api.

· Istilah asingnya,

Firewall.

· Kaidah yang digunakan,

Mengaplikasikan dinding sebagai pengaman.

· Makna dalam elektro,

Suatu sistem pengaman pada jaringan intranet yang terhubung dengan jaringan internet.

Internet : http://www.total.or.id/info.php?kk=FIREWALL

Dinding pembatas. Kombinasi dari hardware maupun software yang memisahkan sebuah network menjadi dua atau lebih bagian untuk alasan keamanan.

  1. CARD
    • Istilah yang diterjemahkan,

Kartu.

· Istilah asingnya,

Card.

· Kaidah yang digunakan,

Bentuknya yang berupa papan hampir sama dengan kartu.

· Makna dalam elektro,

Istilah yang digunakan untuk papan rangkaian tercetak (PCB).

Internet : http://www.total.or.id/info.php?kk=card

Kartu. suatu perangkat yang dipasang pada komputer, fungsinya disesuaikan dengan tujuan perangkat tersebut.

  1. BRIDGE
    • Istilah yang diterjemahkan,

Jembatan.

    • Istilah asingnya,

Bridge.

    • Kaidah yang digunakan,

Mengaplikasikan jembatan sebagai piranti penerus.

    • Makna dalam elektro,

Bridge adalah peranti yang meneruskan lalu lintas antara segmen jaringan berdasar informasi pada lapisan data link.

Internet : http://www.total.or.id/info.php?kk= BRIDGE

Menjembatani, mempertemukan, jembatan.

  1. REPEATER
    • Istilah yang diterjemahkan,

Pengulang.

    • Istilah asingnya,

Repeater.

    • Kaidah yang digunakan,

Makna mengulang hampir sama dengan memperbarui.

    • Makna dalam elektro,

Suatu perangkat yang dipasang di titik-titik tertentu dalam jaringan untuk memperbarui sinyal-sinyal yang di transmisikan agar mencapai kembali kekuatan dan bentuknya yang semula, guna memperpanjang jarak yang dapat di tempuh.

Internet : http://www.total.or.id/info.php?kk= REPEATER

Di dalam jaringan komputer, repeater berfungsi untuk memperpanjang rentang jaringan dengan cara memperkuat isyarat elektronis. Dengan menggunakan repeater, LAN yang memakai ethernet dapat diperpanjang rentang jaringannya sampai 20 km dengan memasang repeater pada setiap 2,5 km.

  1. HOST
    • Istilah yang diterjemahkan,

Tuan rumah.

    • Istilah asingnya,

Host.

    • Kaidah yang digunakan,

Mempunyai tugas yang hampir sama dengan tuan rumah, yaitu sebagai penyedia layanan.

    • Makna dalam elektro,

Host adalah sistem komputer penyedia layanan yang diakses oleh pengguna yang bekerja pada lokasi yang jauh.

Internet : http://www.total.or.id/info.php?kk= HOST

Komputer atau perangkat lainnya yang terhubung dalam suatu jaringan. Sejenis dengan istilah device atau node kecuali bahwa host biasanya merupakan suatu sistem komputer, sedangkan perangkat dan node dapat menjadi sistem apa saja dalam jaringan, termasuk server komunikasi dan router.

tgsII (Irma)

IRMA WIDIYANTI

5115083383



TUGAS BAHASA INDONESIA 2

10 KESALAHAN PENULISAN EYD

1. “oleh karena itu, Alat pendeteksi kebakaran. . . “

penjelasan : setelah tanda koma tidak boleh menggunakan huruf kapital.

2. “segala puji dan syukur penulis panjatkan bagi Rabb Semesta Alam, Allah SWT. atas karunia dan . . . .”

penjelasan : setelah tanda titik harus diawali dengan huruf kapital.

3. “karena begitu banyak cakupan masalah dalam penelitian ini, maka perlu . . . “

penjelasan : kata penghubung (karena) tidak boleh digunakan pada awal kalimat.

4. “sedangkan alam dapat juga menjadi penyebab timbulnya kebakaran, seperti petir, gempa bumi, . . . .”

penjelasan : setelah kata “seperti” harus ada tanda titik dua (:).

5. “matikan dulu sumber lisrik agar kita aman dalam memadamkan listrik”

penjelasan : harus ada tanda titik (.) pada akhir kalimat.

6. “matikan dulu sumber lisrik agar kita aman dalam memadamkan listrik”

penjelasan : kata “dulu” tidak baku dan yang baku adalah kata “dahulu”.

7. pemprograman (tidak baku) ; pemrograman (baku).

8. kedua-keduanya (tidak baku) ; kedua-duanya (baku).

9. mensuplai (tidak baku) ; menyuplai (baku).

10. mengkontrol (tidak baku) ; mengontrol (baku).


5 ISTILAH ASING DALAM ELEKTRO

  1. FIREWALL
    • Istilah yang diterjemahkan,

Dinding api.

· Istilah asingnya,

Firewall.

· Kaidah yang digunakan,

Mengaplikasikan dinding sebagai pengaman.

· Makna dalam elektro,

Suatu sistem pengaman pada jaringan intranet yang terhubung dengan jaringan internet.

  1. CARD
    • Istilah yang diterjemahkan,

Kartu.

· Istilah asingnya,

Card.

· Kaidah yang digunakan,

Bentuknya yang berupa papan hampir sama dengan kartu.

· Makna dalam elektro,

Istilah yang digunakan untuk papan rangkaian tercetak (PCB).

  1. BRIDGE
    • Istilah yang diterjemahkan,

Jembatan.

    • Istilah asingnya,

Bridge.

    • Kaidah yang digunakan,

Mengaplikasikan jembatan sebagai piranti penerus.

    • Makna dalam elektro,

Bridge adalah peranti yang meneruskan lalu lintas antara segmen jaringan berdasar informasi pada lapisan data link.

  1. REPEATER
    • Istilah yang diterjemahkan,

Pengulang.

    • Istilah asingnya,

Repeater.

    • Kaidah yang digunakan,

Makna mengulang hampir sama dengan memperbarui.

    • Makna dalam elektro,

Suatu perangkat yang dipasang di titik-titik tertentu dalam jaringan untuk memperbarui sinyal-sinyal yang di transmisikan agar mencapai kembali kekuatan dan bentuknya yang semula, guna memperpanjang jarak yang dapat di tempuh.

  1. HOST
    • Istilah yang diterjemahkan,

Tuan rumah.

    • Istilah asingnya,

Host.

    • Kaidah yang digunakan,

Mempunyai tugas yang hampir sama dengan tuan rumah, yaitu sebagai penyedia layanan.

    • Makna dalam elektro,

Host adalah sistem komputer penyedia layanan yang diakses oleh pengguna yang bekerja pada lokasi yang jauh.

Kerangka karangan skripsi (Irma)

IRMA WIDIYANTI

5115083383



Tugas Bahasa Indonesia 1

Kerangka karangan skripsi

Bab I. Pendahuluan

A. Latar Belakang Masalah

Kebakaran merupakan situasi atau kondisi yang sangat tidak diinginkan dan merugikan orang banyak, khususnya si pemilik rumah/pabrik/wilayah tertentu, dan biasanya terjadi karena percikan api atau gesekan listrik yang mengakibatkan konsetling, bahkan dari kelalaian manusia itu sendiri. Dari hal diatas kesemuanya dapat menyebabkan kebakaran akan tetapi tidak akan terjadi jika kita mempunyai suatu alat pendeteksi untuk mengetahui gejala-gejala tersebut. Oleh karena itulah penulis ingin agar semua perusahaan/pabrik/industry kecil ataupun masyarakat dapat merasa aman dari bahaya kebakaran yang sewaktu-waktu dapat mengancam siapa saja dengan mencoba membuat alat pendeteksi kebakaran dengan melihat dari gejala-gejala kebakaran tersebut, seperti suhu, asap, cahaya, dan api. Alat pendeteksi kebakaran ini menggunakan IC mikrokontroler tipe AT89S51, karena IC ini tergolong murah dan mudah dalam penggunaanya. Berdasarkan uraian diatas mka penulis mencoba memberikan sumbangsih ke masyarakat luas dan sebagai pengaplikasian ilmu pengetahuan dalam bidang elektronika yang telah dimiliki.

B. Identifikasi Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan maka timbul permasalahan-permasalahan sebagai berikut :

1. Bagaimana alat pendeteksi kebakaran yang efektif digunakan saat ini ?

2. Bagaimana pengaruh sensitifitas sensor terhadap kerja alat ?

3. Bagaimana system kerja alat pendeteksi kebakaran itu ?

4. Dll.

C. Pembatasan Masalah

Karena begitu banyak cakupan masalah dalam penelitian ini, maka perlu pembatasan masalah yaitu : cara membuat alat pendeteksi kebakaran dengan sensor terpadu berbasiskan mikrokontroler AT89S51 yang kemudian dapat mengkontrol kerja peralatan system penanggulangan bahaya kebakaran yaitu mengaktifkan buzzer, pintu darurat, kipas, dan menyemprotkan air saat terjadinya kebakaran.

D. Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang, identifikasi, dan pembatasan masalah, maka dirumuskan masalah sebagai berikut : bagaimana cara membuat alat pendeteksi kebakaran dengan sensor terpadu berbasiskan mikrokontroler AT89S51 ?

E. Tujuan Penelitian

1. Membuat rangkaian pemadam kebakaran dengan mempergunakan sensor suhu, kepekatan asap, dan api.

2. Dll.

F. Kegunaan Penelitian

1. Hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi masyarakat luas dalam menjaga keamanan rumah/lingkungan dariterjadinya bahaya kebakaran.

2. Dll.

Bab II. Deskripsi Teori dan Kerangka Berpikir

A. Deskripsi Teori

1. Kebakaran

a. Definisi

b. Sebab-sebab timbulnya kebakaran

c. Pengenalan kelas-kelas kebakaran

d. Pencegahan dan penanggulangan kebakaran

d.1 prinsip pemadaman kebakaran

d.2 pencegahan kebakaran

d.2.1 fire detection system

d.2.2 fire hydrant system

d.2.3 fire sprinkler system

d.2.4 halon system

d.2.5 portaste fire extinguisher

2. system mikrokontroler

a. mikrokontroler atmel keluarga 51 (MCS-51)

b. fungsi pin-pin mikrokontroler

c. organisasi memori

d. program status word

e. stack pointer

f. data pointer

3. set instruksi

a. Instruksi aritmatika

b. Instruksi logika

c. Instruksi transfer data

d. Look up tastes

e. Instruksi Boolean

f. Instruksi percabangan

g. jump taste

h. subrutin dan interupsi

i. conditional jump

4. rangkaian sensor

a. Sensor suhu

b. Sensor asap

c. Sensor api

5. integrated circuit (IC)

a. Op-AMP / penguat operasional

b. Pengubah A/D

c. IC ULN2003AP

6. rangkaian driver output

a. Motor DC

b. Relay

c. Buzzer

d. Pompa air aquarium

B. Kerangkan Berpikir

Bab III. Metodologi Penelitian

A. Tujuan operasional

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat alat pendeteksi kebakaran terprogram berbasis mikrokontroler AT89S51.

B. Tempat dan Waktu Penelitian

Penelitian ini dilaksanakan di rumah laboratorium jurusan teknik elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta dan laboratorium BTMP, BPPT serpong,sedangkan waktu penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2004/2005.

C. Metode Penelitian

Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode eksperimen laboratorium.

D. Instrumen Penelitian

Dalam penelitian ini instrumen-instrumen penelitian adalah alat-alat ukur yang digunakan selama pembuatan dan pengujian alat dibuat.

E. Pelaksanaan Penelitian

1. Proses pembuatan alat

a. Pembuatan skema rangkaian dan jalur PCB

b. Perakitan komponen

c. Pembuatan program

2. Prinsip kerja blok rangkaian

a. Rangkaian system minimum AT89S51

b. Rangkaian ADC 0808

c. Rangkaian sensor suhu, asap, dan api

d. Rangkaian driver output

F. Pengujian blok rangkaian

1. Pengujian rangkaian ADC 0808

2. Pengujian rangkaian sensor suhu

3. Pengujian rangkaian sensor asap

4. Pengujian rangkaian sensor api

5. Pengujian rangkaian driver output dan plant

Bab IV. Hasil Penelitian

A. Hasil pengujian

1. Hasil pengujian rangkaian ADC 0808

2. Hasil pengujian rangkaian sensor suhu

3. Hasil pengujian rangkaian sensor asap

4. Hasil pengujian rangkaian sensor api

5. Hasil pengujian rangkaian driver output dan plant

B. Analisis hasil penelitian

1. Pengujian rangkaian ADC 0808

2. Pengujian rangkaian sensor suhu

3. Pengujian rangkaian sensor asap

4. Pengujian rangkaian sensor api

5. Penguuian rangkaian driver output dan plant

Bab V. kesimpulan, implikasi, dan saran

A. Kesimpulan

Alat ini memiliki beberapa fungsi yaitu mendeteksi perubahan suhu, kepekatan asap, dan timbulnya api yang ada pada suatu ruangan, memberikan peringatan dengan buzzer, melakukan pemadaman dengan proses sprayer air, mengeluarkan asap pada mangan saat tejadinya kebakaran dengan pengaktifan kipas dan membuka pintu darurat secara otomatis.

B. Implikasi

Alat pendeteksi kebakaran ini dapat dijadikan sebagai salah satu solusi dalam memberikan keamanan pada suatu ruangan atau gedung dari terjadinya bahaya kebakaran, akan tetapi alat ini masih perlu untuk dikembangkan lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan. Dalam hal ini dapat dikembangkan dalam memodifikasikan program pada kondisi-kondisi tertentu.

C. Saran

Berisikan saran penulis untuk para pembaca atau untuk para mahasiswa dalam hal perbaikan atau pengembangan alat pendeteksi kebakaran ini.


DAFTAR PUSTAKA

IRMA WIDIYANTI

5115083383

perbandingan dg internet

Selly Yunis

511082296

TUGAS 6

Perbandingan kata di skripsi dengan di internet

1. Cut

a. menghapus

b. cut

c. gunting

d. menghapus, memotong

dari internet :

Memotong, menggunting, menghapus

http://www.total.or.id/info.php?kk=cut

2. Motherboard

a. papan utama

b. motherboard

c. karma papan ini menjadi tempat seluruh komponen PC

d. komponen terbesar dalam PC

dari internet :

Papan sirkuit utama komputer berikut processor.

http://www.total.or.id/info.php?kk= Motherboard

3. Fading

a. memudarkan

b. fading

c. kehilangan warna

d. peristiwa perubahan kekuatan sinyal yang terjadi dipesawat penerima selama waktu sinyal itu sedang diterima

dari internet :

Gangguan saluran transmisi, terutama pada sistem gelombang mikro ketika sinyal-sinyal yang dikirim melalui berbagai jalur ke penerima mengalami perubahan karena kondisi atmosfir.

http://www.total.or.id/info.php?kk= Fading

4. Real time

a. waktu sebenarnya

b. realtime

c. waktu nyata

d. Lingkungan dimana aktivitas mesin sesuai dengan persepsi manusia mengenai waktu

dari internet :

Pengumpulan data, analisis serta proses data dapat berasal dari lebih satu sumber dan pemrosesan tidak memakan waktu yang lama.

http://www.total.or.id/info.php?kk= Real time

5. Gateway

a. pintu jalan

b. gateway

c. pintu gerbang

d. merujuk kepada hardware/software yang menjembatani dua aplikasi.

dari internet :

sebuah mekanisme yang menyediakan akses ke sebuah sistem lain yang terhubung dalam sebuah network.

http://www.total.or.id/info.php?kk= Gateway

Kamis, 23 April 2009

PERBANDINGAN PENGERTIAN ANTARA SKRIPSI DENGAN WEBSITE

NAMA : TEGUH IMAM PERDANA
NO.REG : 5115080269

PERBANDINGAN PENGERTIAN ANTARA SKRIPSI DENGAN WEBSITE

TUGAS 6 :
Menurut Skripsi :
• Software ( Perangkat lunak ) :
Program – program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki.

• Saklar Push Button : Saklar tombol tekan.

• Kontaktor :
Suatu alat kelistrikan yang digunakan untuk menghubungkan dan memutuskan arus listrik.

• TOR ( Thermal Overload Relay ) :
alat pengaman ( sekring ) yang biasa digandeng dengan kontaktor.

• TDR ( Time Delay Relay ) : Relay penunda waktu.

• Motor Driven : Relay penunda waktu berdasarkan instruksi motor.

• Tombol NC ( tombol stop ) :
Tombol yang dapat membuka arus listrik apabila ditekan, dan sebaliknya.

Menurut Website :

• Software ( Perangkat lunak ) :
Disebut juga dengan perangkat lunak, merupakan kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya.
http://www.total.or.id/info.php?kk=software

• Kontaktor :
Kontaktor adalah alat menghubungkan dan memutuskan rangkaian daya listrik berulang-ulang. Di mana kontaktor tersebut akan bekerja apabila pada kumparan diberi energi.
www.norture.com/dl_view.php?file=Documents/Praktikum+DSK+(Arsip)/Praktikum+5+-+Kontrol+Proses.docx.

• Tombol NC ( tombol stop ) :
Tombol NC, tombol ini menandakan keadaan saklar yang normalnya pada keadaan ON/tertutup, jadi jika saklar tersebut diaktifkan akan menjadi OFF/terbuka.
http://putra-ins04.blogspot.com/2008/03/sistem-kontrol.html



• TDR ( Time Delay Relay ) : saklar penunda waktu
Dilakukan dengan kontrol oleh satu atau lebih alat kontrol otomatis, dimana start – stop dilakukan manual atau dengan alat bantu control.
http://rantarokun.wordpress.com/2008/03/17/basic-tentang-instalasi-listrik-industri/

• Saklar Push Button :
Sakelar tombol tekan yang berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan arus dalam suatu rangkaian.
http://rantarokun.wordpress.com/2008/03/17/basic-tentang-instalasi-listrik-industri/

Perbandingan

Nama : Muhammad Majid
No. Reg. : 5115083378
Tugas : 6

Judul skripsi Perbedaan hasil belajar instalasi sistem operasi Windows dan Troubleshooting komputer pada siswa yang diberikan pengajaran oleh guru dengan siswa yang belajar mandiri melalui modul (suatu studi eksperimen pada siswa SMK Kebon Jeruk kelas I program diklat elektronika komunikasi).


Perbandingan Istilah-istilah

1. Prosesor merupakan perangkat utama komputer yang mengelola seluruh aktifitas komputer.
2. Memory merupakan media penyimpanan data pada komputer.
3. Hardware (perangkat keras) merupakan peralatan fisik dari komputer yang dapat dirasakan dan dilihat.
4. Software (perangkat lunak) merupakan program-program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki.
5. Brainware merupakan personil-personil yang terlibat langsung dalam pemakaian komputer seperti progrmer, operator, user.

Prosesor : Pemroses data dengan berbagai perangkat pendukung. Alat ini digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Oleh karena itu prosesor menjadi tolok ukur setiap komputer.
http://www.total.or.id/info.php?kk=Prosesor

Memory : Bagian dari komputer yang berfungsi untuk menyimpan data dan program.
http://www.total.or.id/info.php?kk=memory

Hardware : Perangkat keras, merupakan salah satu element dari sistem komputer, suatu alat yang bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung, yang mendukung proses komputerisasi.

Software : Perangkat lunak, merupakan kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya.
http://www.total.or.id/info.php?kk=software

Brainware : stilah yang digunakan untuk manusia yang berhubungan dengan sistem komputer. Manusia merupakan suatu elemen dari sistem komputer. Manusia adalah yang merancang bagaimana suatu mesin dapat bekerja sesuai dengan hasil yang diinginkannya.
http://www.total.or.id/info.php?kk=brainware

________________________________________

Kesalahan penulisan pada skripsi

Nama : TEGUH IMAM PERDANA

No. Reg : 5115080269

Prodi : Pendidikan Teknik Elektro

Tugas 5

Kesalahan penulisan pada skripsi


1. jaman seharusnya memakai kata baku seperti zaman

2. disahkan seharusnya diresmikan

3. memiliki artian seharusnya memakai kata seperti bermaksud

4. kaedahnya seharusnya dicetak miring seperti kaidahnya

5. di tekan seharusnya tidak dipisah seperti ditekan

6. Teknoliogi seharusnya Teknologi

7. sekolah menengah kejuruan seharusnya Sekolah Menengah Kejuruan

8. lakukan seharusnya melakukan

9. yang sudah seharusnya yang telah

10. di jatuhkan seharusnya dijatuhkan

Perbaikan tulisan yang benar secara kebahasaan

Penelitian dengan uji statistik ini mampu menunjukkan hasil belajar Pambuatan Rangkaian Pengendalian Dasar yang menggunakan Powerpoint lebih baik dibandingkan dengan menggunakan OHT terhadap hasil belajar Pambuatan Rangkaian Pengendalian Dasar.

Kesalahan penulisan pada Bab I dan II

Nama : TEGUH IMAM PERDANA
No. Reg : 5115080269
Prodi : Pendidikan Teknik Elektro

Tugas 4


Kesalahan penulisan pada skripsi

1. achievement seharusnya dicetak miring seperti achievement
2. di sebut seharusnya disebut
3. Normally Open seharusnya dicetak miring seperti Normally Open
4. Normally Close seharusnya dicetak miring seperti Normally Close
5. didalam seharusnya di beri jarak (space), di dalam.
6. di antaranya seharusnya diantaranya
7. dalam Dunia pendidikan seharusnya, dalam dunia pendidikan
8. apa pun seharusnya apapun
9. satu persatu seharusnya, satu per satu
10. ter-konsentrasi seharusnya, terkonsentrasi

Perbaikan tulisan yang benar secara kebahasaan

Seorang pendidik dalam proses pembelajaran merupakan motivator, fasilitator dan supervisor. Dalam kegiatan pembelajaran, pendidik dituntut untuk mampu mengelola / mengontrol proses pembelajaran. Dalam proses pengelolaan kelas, daya kreatifitas dan kemampuan pendidik sangatlah dibutuhkan demi menggunakan berbagai jenis alat atau media pembelajaran. Baik yang konvensional maupun yang berteknologi komputer.

Kesalahan Dalam Penggunaan EYD

Nama : TEGUH IMAM PERDANA
No. Reg : 5115080269
Prodi : Pendidikan Teknik Elektro

Tugas 2a / 3

Kesalahan penulisan pada skripsi

1. Dari buku yang dibuat sebanyak 1.245 halaman.
Seharusnya : 1245 halaman.

2. Tidak hanya dengan menggunakan media OHP melainkan juga menggunakan media PowerPoint prestasi belajar siswa dapat meningkat.
Seharusnya : OHP, melainkan...

3. Oleh karena itu kita semua harus lebih memanfaatkan kemajuan teknologi dengan sebaik-baiknya.
Seharusnya : oleh karena itu, kita...

4. Meskipun begitu penggunaan media PowerPoint pada proses belajar mengajar berdampak pada menigkatnya prestasi belajar.
Seharusnya : Meskipun begitu, penggunaan...

5. Jadi hasil belajar siswa yang menggunakan media PowerPoint meningkat.
Seharusnya : Jadi, hasil...

6. Lagi pula media OHP lebih tidak efisien dibandingkan media PowerPoint.
Seharusnya : Lagi pula, media...

7 . Akan tetapi penggunaan media OHP pada proses belajar mengajar menghabiskan banyak biaya.
Seharusnya : Akan tetapi,...

8. Pengguanaan media OHP pada proses belajar mengajar lebih muda dibandingkan dengan media PowerPoint tetapi memerlukan biaya yang cukup besar.
Seharusnya : PowerPoint, tetapi...

Penulisan catatan kaki yang sesuai dengan EYD
1. Depdiknas, GBPP & Kurikulum SMK, ( Jakarta : DEPDIKNAS. 1999), hlm. 4.
2 Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta : Rineka Cipta, 1994), hlm. 295.
3. Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, (Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2003), hlm. 65.
4. Slameto, Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, (Jakarta : Rineka Cipta, 2003), hlm. 2.
5. Ngalim Purwanto, Prinsip – Prinsip dan Evaluasi Dalam Pengajaran, ( Bandung : Remaja Rosda Karya, 2001 ), hlm 2-3.

Penulisan daftar pustaka yang sesuai dengan EYD
1. Dahar, Ratna Willis. Teori – Teori Belajar. Jakarta : DEPDIKBUD. P2LPTK, 1988
2. Imron, Ali. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Pustaka Jaya.
3. Hamalik, Oemar. 1999. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
4. Mamesha, Christian M. 1995. Kontrol Motor Listrik. Bandung : PPG Teknologi.
5. Sudjana. Metode Statistik. Bandung : Tarsito

tugas Bahasa Indonesia ke-6

Bunga Ciptaning Kamaswari
5115082322

Tugas ke-6
Membandingkan
1. Validitas adalah suatu ukuran yang menunjukkan tingkat kesahihan instrumen yang benar-benar dapat mengukur apa yang hendak diukur.
Perbandingan : Validitas adalah derajat yang menyatakan suatu tes mengukur apa yang seharusnya diukur. Validitas suatu tes tidak begitu saja melekat pada tes itu sendiri, tetapi tergantung penggunaan dan subyeknya.
Sumber : http://lussysf.multiply.com/journal/item/137
2. Minat adalah memusatkan kegiatan mental perhatian terhadap suatu objek yang banyak sangkut pautnya dengan keasdaan diri individu.
Perbandingan : Minat adalah kecenderungan jiwa yang tetap untuk memperhatikan dan mengenang beberapa aktivitas atau kegiatan (Slameto, 1995)
Sumber : http://grahacendikia.wordpress.com/2009/04/23/minat-belajar-siswa/
3. Guru adalah orang yang pekerjaannya (mata pencahariannya, profesinya) mengajar.
Perbandingan : Guru (dari bahasa Sansekerta गुरू guru yang juga berarti guru, tetapi artinya harafiahnya adalah "berat") adalah seorang pengajar suatu ilmu. Dalam bahasa Indonesia, guru umumnya merujuk pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Guru

Rabu, 22 April 2009

Bunga Ciptaning Kamaswari
5115082322

Kesalahan logika kebahasaan pada skripsi BAB I dan BAB II


1. Peranan guru adalah sangat menentukan dalam pemecahan masalah pendidikan…
Perbaikan: Peranan guru sangat menentukan dalam pemecahan masalah pendidikan.
2. Namun kini berdasarkan Keppres 093/1999 tanggal 4 Agustus 1999 IKIP Jakarta telah berubah menjadi UNJ.
Perbaikan: Berdasarkan Keppres 093/1999 tanggal 4 Agustus 1999 IKIP Jakarta kini telah berubah menjadi UNJ.
3. Ternyata sangat sedikit sekali mahasiswa yang berminat menjadi guru.
Perbaikan : Ternyata sedikit sekali mahasiswa…(tidak efektif)
4) Tafsiran itu sering berbeda satu sama lain, berdasarkan tekanan yang mereka berikan di dalam pengertian.
Perbaikan: Berdasarkan tekanan yang ditekankan oleh para ilmuwan dalam mendefinisikan, maka tafsiran itu sering berbesda-beda saru samam lain.
5) Seperti yang dikatakan Koentjoroningrat bahwa manusia mempunyai bakat yang terkandung dalam gennya untuk dikembangkan.
Perbaikan: Koentjoronigrat mengatakan, bakat manusia mempunyai yang terkandung dalam gennya untuk dikembangkan.
6) Umumnya semenjak mereka kuliah sudah mencoba melakukan aktivitas mengajar.
Perbaikan : Pada umumnya mahasiswa UNJ sudah mencoba mengajar sejak mereka masih kuliah.
7) ..seperti mengajar private bagi anak-anak sekolah, mengakibatkan mereka sudah mulai terlatih menjadi guru.
Perbaikan : ... seperti mengajar private bagi anak-anak sekolah, dari sinilah mereka sudah berlatih menjadi guru.
8) Perubahan-perubahan apa saja yang terjadi setelah seseorang mengalami proses belajar adalah perubahan tinghkah laku ke arah yang lebih baik.
Perbaikan : Setelah mengalami proses belajar, seseorang diharapkan mempunyai perubahan tingkah laku ke arah yang lebih baik.
9) Jadi, minat terhadap sesuatu merupakan hasil belajar dan mendukung belajar selanjutnya.
Perbaikan : Jadi, minat terhadap sesuatu merupakan hasil belajar dan menjadi pendukung belajar selanjutnya.
10) Hasil belajar PPL merupakan sebagai perwujuddan hasil, praktik mengajar mahasisiwa.
Perbaikan : Hasil belajar PPL merupakan perwujudan hasil praktik mengajar mahasiswa.


Bunga Ciptaniing Kamaswari
515082322

Kesalahan Logika BAB III, IV, dan V.

1. Penelitian ini dilaksanakan pada jurusan Teknik Elektro FT UNJ Jakarta Timur.
Perbaikan : Penelitian dilaksanakan di jurusan Teknik Elektro FT UNJ Jakarta Timur.
2. Untuk mengetahui valid tidaknya suatu instrumen yang digunakan dapat ditetapkan melalui analisa rasional terhadap isi penilaiannya.
Perbaikan : Valid atau tidaknya suatu instrumen dapat diketahui dengan menetapkan isi penilaiannya melalui analisa rasional.
3. Variabel bebas yang digunakan merupakan variabel atribut, ciri yang dimiliki subyek sebelum penelitian dimulai.
Perbaikan : Variabel bebas yang digunakan merupakan variabel atribut yaitu ciri yang dimiliki subyek sebelum penelitian dimulai.
4. Populasi target adalah seluruh mahasiswa Universitas Negeri Jakarta.
Perbaikan : Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas Negeri Jakarta.
5. Untuk kuisioner skor tertinggi yang didapat untuk kuisioner ini sebesar 190 dan skor terendah sebesar 38.
Perbaikan : Dalam kuisioner, skor tertinggi yang didapat untuk kuisioner ini sebesar 190 dan skor terendah sebesar 38.
6. Dalam rangka meningkatkan minat mahasiswa memilih profesi guru dapat disarankan beberapa hal...
Perbaikan : Untuk meningkatkan minat mahasiswa memilih profesi guru, berikut saran-saran yang dapat mendukung kemajuan...
7. Hubungan bersifat positif karena pergerakan kedua variabel berjalan ke arah yang bersamaan.
Perbaikan : Hubungan antara hasil belajar PPL dengan minat mahasiswa untuk memilih profesi guru SMK bersifat positif karena kedua variabel berajalan ke arah yang bersamaan.
8. Dalam penelitian ini digunakan Kuisioner atau angket tertutup sebagai teknik pengumpulan data.
Perbaikan : Teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan menggunakan kuisioner atau angket tertutup.
9. Data hasil belajar PPL merupakan data sekunder yang didapatkan melalui ujian praktik mengajar.
Perbaikan : Data sekunder dalam penelitian ini adalah data hasil belajar PPL yang didapatkan melalui ujian praktik mengajar.
10. Untuk ujian PPL hendaknya bukanlah hanya kegiatan belajar mengajar di kelas saja, karena mahasiswa dapat dengan baik merencanakan pelaksanaan ujian dengan kondisi yang diinginkan.
Perbaikan : Untuk ujian PPL hendaknya tidak hanya kegiatan belajar mengajar tetapi juga dalam penyelenggaraan ujian, karena mahasiswa dapat dengan baik merencanakan pelaksanaan ujian dengan kondisi yang diinginkan.

Minggu, 19 April 2009

tugas Bahasa Indonesia

nama : Bunga Ciptaning Kamaswari
no. reg: 5115082322

Catatan Kaki

12 Andi Mappiare, Psikologi Orang Dewasa, (Surabaya: Usaha Nasional, 1983), h.61
Perbaikan : Psikologi Orang Dewasa
6 Pedoman Pelaksanaan PPL IKIP Jakarta, (Jakarta : UPT-PPL IKIP JKT, 1998),h 2-3
Perbaikan : hh.
5 UPT-PPL, op.cit. , hh.9-10
Perbaikan : op.cit.
7 Sudjana, Op.cit. , h 325
Perbaikan : op.cit.
3 Dewa Ketut Sukardi, Bimbingan dan Konseling, (Jakarta : Bina Aksara, 1988). h. 61
Perbaikan : (Jakarta : Bina Aksara, 1988), h. 61
4 Kartini Kartono, Psikologi Umum, (Bandung : CV. Mandar Maju,1990), H.112
Perbaikan : h. 112
8 Sudjana, Op. Cit. , h. 340
Perbaikan : op.cit.
3 Ibid. , H.75.
Perbaikan : h. 75
39 UPT-PPL, op.cit. , h. 16
Perbaikan : op.cit.
23 Ibid. , h. 193
Perbaikan : Ibid.

Sabtu, 11 April 2009

Selly Yunis
5115082296
Pend. Teknik Elektro

Tugas Ke-5

1. Simulasi alat yang dibuat ini dapat dikembangkan tidak hanya simulasi alat pengaturan jalur kereta api pada stasiun, tetapi dapat dimodifikasikan untuk keperluan lainnya sesuai dengan kreatif masing-masing.
Perbaikan:
Alat yang dibuat ini dapat dikembangkan tidak hanya simulasi alat pengaturan jalur kereta api pada stasiun, tetapi juga dapat dimodifikasikan untuk keperluan lainnya sesuai dengan kreatif masing-masing.
2. Persinyalan kereta api yang dibuat untuk berfungsi sebagai tanda lalu lintas kereta api untuk empat jalur pada stasiun.
Perbaikan:
Persinyalan kereta api yang dibuat berfungsi sebagai tanda lalu lintas kereta api untuk empat jalur pada stasiun.
3. Bagi pihak PJKA hendaknya mengimplementasikan simulasi alat ini sehingga dapat mengontrol kereta api dengan baik.
Perbaikan:
Bagi pihak PJKA hendaknya mengimplementasikan alat ini sehingga dapat mengontrol kereta api dengan baik.
4. Jalur yang dibuat masih menggunakan sketsa jalur kereta masa lalu.
Perbaikan:
Jalur yang dibuat masih menggunakan sketsa jalur kereta yang terdahulu.
5. Yang selanjutnya digunakan untuk mengendalikan dan mengontrol kereta api yang akan memasuki serta keluar dari stasiun yang ada.
Perbaikan:
Yang selanjutnya digunakan untuk mengendalikan dan mengontrol kereta api yang akan memasuki stasiun ataupun keluar dari stasiun yang ada.
6. Disamping itu, instrumen penelitian ini juga bertujuan untuk menguji program dalam mengendalikan dan sebagai operator terhadap sinyal yang ada dan pergeseran jalur pada sumulasi alat pengaturan jalur kereta api.
Perbaikan:
Disamping itu, instrumen penelitian ini juga bertujuan untuk menguji program dalam mengendalikan dan sebagai operator terhadap sinyal yang ada maupun pergeseran jalur pada sumulasi alat pengaturan jalur kereta api.
7. Serta untuk mengetahui pengawatan jalur yang terdapat pada PCB.
Perbaikan:
Serta untuk mengetahui pemasangan kawat pada jalur yang terdapat dalam PCB.
8. Program ini dibuat untuk mengeluarkan data yang diperlukan dan digunakan untuk mengendalikan serta mengontrol kereta api ketika kereta api berpindah jalur atau tidak dan diproses pemberian sinyal kepada kereta api ketika akan memasuki jalur pada stasiun.
Perbaikan:
Program ini dibuat untuk mengeluarkan data yang diperlukan dan digunakan untuk mengendalikan serta mengontrol kereta api ketika kereta api berpindah jalur atau tidak, sekaligus sebagai proses pemberian sinyal kepada kereta api ketika akan memasuki jalur pada stasiun.
Selly Yunis
5115082296
Pend. Teknik Elektro

Tugas Ke-4

1. Agar roda tetap menempel di rel.
Perbaikan: Agar roda, tetap menempel di rel.
2. Standard parallel port (SPP) untuk melakukan jabat tangan dalam komunikasi masih dilakukan secara manual.
Perbaikan: jabat tangan diganti kata penghubung
3. Visual basic adalah salah satu development tools untuk membangun tools untuk membangun aplikasi dalam lingkungan windows.
Perbaikan: Visual basic adalah salah satu development tools untuk membangun tools, dan tools sendiri berfungsi untuk membangun aplikasi dalam lingkungan windows.
4. Instrumen penelitian ini juga bertujuan untuk menguji program dalam mengendalikan dan sebagai operator terhadap sinyal yang ada dan pergeseran jalur pada simulasi alat pengaturan jalur kereta api.
Perbaikan:
Instrumen penelitian ini juga bertujuan untuk menguji program dalam mengendalikan dan sebagai operator terhadap sinyal yang ada maupun pergeseran jalur pada simulasi alat pengaturan jalur kereta api.
5. Untuk membuat simulasi alat, maka dibuat perangkat keras yang berupa antarmuka antara komputer dengan rangkaian.
Perbaikan: Untuk membuat simulasi alat, maka dibuat perangkat keras yang berupa antarmuka diantara komputer dengan rangkaian.
Selly Yunis
5115082296
Pend. Teknik Elektro

Tugas 2a


1. Dari mulai dibuatnya radio, televisi, telepon, komputer, satelit dan sebagainya.
Kesalahan: sebelum kata dan, tidak diberi tanda koma, seharusnya diberi tanda koma, karena menyebutkan lebih dari dua jenis.
2. Perkembangan komputer pada saat sekarang ini berjalan dengan begitu cepatnya, dan generasi-generasi computer yang baru terus bermunculan.
Kesalahan: setelah kata cepatnya tidak perlu diberi tanda koma.
3. pembangunan empat jalur kereta api (KA) akan lebih memperlancar lalu lintas KA karena jalur kereta Jabotabek dengan kereta jarak jauh akan terpisah.
Kesalahan: singkatan pada ‘jabotabek’ seharusnya ditulis dengan huruf besar semua, JABOTABEK, karena sebuah singkatan.
4. kendaraan yang seluruhnya/sebagian dipergunakan untuk mengangkut penumpang, bagasi dan kiriman pos.
Kesalahan: sebelum kata dan, tidak diberi tanda koma, seharusnya diberi tanda koma, karena menyebutkan lebih dari dua jenis.
5. Ketujuhbelas saluran informasi itu terdiri dari tiga baian, yakni….
Kesalahan: kata ketujuhbelas seharusnya diberi spasi, karena kata ketujuh bukan bahasa asing atau apapun yang harus digabung.
6. Limit switch yang berfungsi sebagai pemutus hubungan tegangan.
Kesalahan: kata ‘pemutus hubungan’ tidak seharusnya diberi spasi, karena dia termasuk kata yang berkesinambungan.
7. PT Kereta Api (Persero), WWW.Keretaapi.co.id, Profil KA, (3 Mei 2006)
Perbaikan: WWW menjadi www
8. http//www.logix4u.net, Parallel port Interfacing Tutorial
Kesalahan: pemakaian yang boros pada judul bukunya, seharusnya tidak perlu ditebalkan.
9. Andi, Trip dan trik pemrograman Visual Basic 6.0, Andi Yogyakarta, 2002, h.5
Perbaikan: Trip dan trik pemrograman Visual Basic 6.0 menjadi Trip dan Trik Pemrograman Visual Basic 6.0
10. Zuhal, Dasar Teknik Listrik dan Elektronika Daya, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.1988), h.29.
Perbaikan: pada judul, Dasar Teknik Listrik dan Elektronika Daya

Kamis, 02 April 2009

Istilah Teknik

Bunga Ciptaning Kamaswari
5115082322


Lima Istilah Teknik Serapan Bahasa Asing

1. Transformator (transformer)
Alat yang digunakan untuk mengubah tegangan.
2. Termometer (thermometer)
Alat untuk mengukur suhu.
3. Kalibrasi (calibrate)
Tanda-tanda yang menyatakan pembagian skala; menyesuaikan.
4. Motor (motor)
Mesin yang menjadi tenaga penggerak
5. Instalasi (instalation)
pemasangan

kerangka karangan

Bunga Ciptaning Kamaswari
5115082322
Judul Skripsi: Hubungan Hasil Belajar Program Pengalaman Lapangan dengan Minat Mahasiswa Memilih Profesi Guru SMK.
Disusun oleh: Murniyati
Jurusan Teknik Elektro
UNJ-2003

Kerangka skripsi.

I.Pendahuluan
a. Latar Belakang Masalah
Saat ini jarang sekali mahasiswa yang diterima di UNJ nantinya serius untuk memilih guru sebagai profesinya.
b. Identifikasi Masalah
c. Pembatasan Masalah
Hubungan hasil belajar PPL dengan minat mahasiswa Teknik Elektro UNJ memilih profesi Guru SMK Jurusan Teknik Elektro.
d. Perumusan Masalah
"Apakah ada hubungan positif antara hasil belajar PPL dengan minat mahasiswa Teknik Elektro UNJ memilih profesi guru SMK jurusan Teknik Elektro?"
e. Manfaat Penelitian
Terungkap informasi dari masalah yang diangkat.

II. Kajian Teoritik, Kerangka Berfikir, dan Hipotesis Penelitian
a. Kajian Teori
1. Hakekat Minat Mahasiswa Memilih Profesi Guru
a. minat
b. pilihan
2. Hakekat Hasil Belajar Program Pengalaman Lapangan
a. Program Pengalaman Lapangan (PPL)
b. Hasil Belajar PPL
b. Kerangka Berfikir
c. Perumusan Hipotesis

III. Metodologi Penelitian
a. Tujuan Penelitian
b. Tempat dan Waktu Penelitian
c. Metode Penelitian
d. Variabel Penelitian
e. Definisi Operasional Variabel
f. Populasi, Sampel, dan Teknik Pengambilan Sampel
g. Instrumen Penelitian
h. Teknik Pengumpulan Data
i. Desain Penelitian
j. Teknik Analisis Data
1. Uji Persyaratan Analisis
a. Uji Normalitas
b. Uji Linieritas
2. Pengujian Hipotesis
k. Hipotesis Statistik

IV. Hasil Penelitian
a. Deskripsi Data
1. Data Hasil Belajar PPL
2. Data Minat Mahasiswa Memilih Profesi Guru
b. Pengujian Persyatan analisis
c. Analisis Data
d. Pengujian Hipotesis
e. Interpretasi Data
f. Kelemahan Penelitian

V. Kesimpulan, Implikasi, dan Saran
a. Kesimpulan
b. Implikasi
c. Saran

tugas Bahasa Indonesia

Bunga Ciptaning Kamaswari
5115082322

5 Buku yang Terdapat dalam Daftar Pustaka Skripsi

1. Psikologi pendidikan
Penulis: B.Simanjuntak
2. Psikologi Pengajaran
Penulis : Winkel W.S.
3. Psikologi Umum
Penulis : Kartini Kartono
4. Metode Statistik
Penulis : Sudjana
5. kamus Besar Bahasa Indonesia
Penulis : Depdikbud