Minggu, 14 Juni 2009

Jurnal Bunga Ciptaning Kamaswari (5115082322)

Hasil Belajar Program Pengalaman Lapangan (PPL) dengan Minat Mahasiswa Memilih Profesi Guru SMK

Murniyati (5115970860)
Penulis Skripsi, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Jurusan Pendidikan Teknik Elektro
Bunga Ciptaning Kamaswari (5115082322)
Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta Jurusan Pendidikan Teknik Elektro

Jurnal ini merupakan jurnal yang mengambil penelitian melalui skripsi salah satu mahasiswa Universitas Negeri Jakarta Jurusan Pendidikan Teknik Elektro. Program Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu program yang diadakan oleh Universitas Negeri Jakarta, dimana mahasiswa diwajibkan untuk melaksanakan pratek mengajar. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara hasil belajar PPL dengan minat mahasiswa memilih profesi guru SMK.
Kata Kunci : PPL (Program Pengalaman Lapangan), SMK, Profesi, Guru.


LATAR BELAKANG
Pembangunan pada dasarnya adalah suatu proses yang terjadi secara bertahap dan menyeluruh mencakup berbagai aspek kehidupan. Salah satu aspek pembangunan itu adalah pendidikan. Indonesia sebagai salah satu negara berkembang yang saat ini sedang giat-giatnya membenahi sistem pendidikannya. Hal ini disebabkan pentingnya peranan pendidikan dalam suatu negara. Melalui pendidikan, suatu negara dapat mewujudakn manusia-manusia yang berkualitas dan dapat diandalkan di masa yang akan datang.
Banyak faktor yang mempengaruhi berhasil atau tidaknya sebuah sistem pedidikan, salah satunya adalah guru. Peranan guru sangat menentukan dalam pemecahan masalah pendidikan dan salah satu faktor penentu dalam proses belajar mengajar, bahkan hasil dari suatu proses pendidikan tergantung pada kemampuan tenaga-tenaga kependidikan atau guru yang menanganinya. Oleh karena itu, peningkatan mutu pendidkan seharusnya dimulai dari peningkatan mutu tenaga kependidikan itu sendiri.
Dalam kaitan ini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jakarta ( IKIP Jakarta ) merupakan salah satu lembaga yang mempunyai tugas utama membina dan mengembangkan ilmu pendidikan serta membina dan mendidik guru berbagai bidang studi atau mata pelajaran untuk berbagai jenjang dan jenis pendidikan serta tenaga kependidikan.
Namun, berdasarkan Keppres 093/1999 tanggal 4 Agustus 1999, kini IKIP Jakarta telah berubah menjadi Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Walaupun telah berubah nama menjadi Universitas, dalam salah satu misinya, UNJ masih menghasilkan tenaga akademik dan/atau profesional yang bertanggung jawab dan mandiri, di bidang pendidikan dan nonkependidikan guna menghadapi tantangan masa depan. Salah satu program yang diterapkan UNJ kepada mahasiswa utnuk mewujudkan salah satu misinya di atas adalah dengan mewajibkan setiap mahasiswa utnuk menjalankan praktik kerja yaitu Program Pengalaman Lapanga (PPL).
Membentuk tenaga kependidikan bukanlah hal yang mudah ataupun ringan, karena seorang yang dibina/ dididik untuk menjadi seorang guru dan suatu saat memilih profesi guru, haruslah menguasai pengetahuan mengenai pelajaan yang akan menjadi bahan kegiatan belajar mengajarnya. Tidak hanya itu, ia pun harus menguasai tentang psikologi anak didiknya, ilmu mendidik, pengetahuan tentang metodologi mengajar, teknologi pendidikan, serta harus pula memiliki watak dan tingkah laku yang patut diteladani.
Namun saat ini, jarang sekali mahasiswa yang telah menimba ilmu di UNJ nantinya serius utnuk memilih guru sebagai profesinya. Hal ini disebabkan karena adanya peluang bagi setiap mahasiswa untuk dapat memilih pekerjaan di bidang nonkepndidikan.

PERMASALAHAN
Berdasarkan apa yang dirasakan sekarang dalam melihat perkembangan dunia pendidikan khususnya di UNJ sebagai ‘pabrik’ pencetak guru, maka permasalahan yang dihadapi dapat dijabarkan sebagai berikut:
1. Apakah misiyang dicanangkan UNJ telah berhasil dicapai?
2. Apakah mahasiswa yang diterima di UNJ seluruhnya berminat dan siap dididik menjadi tenaga kependididkan profesional?
3. Apakah lulusan dari UNJ siap terjun ke tengah masyarakat untuk mengabdi sebagai tenaga kependidikan yang profesional?
4. Apakah Program Pengalaman Lapangan yang dicanangkaN UNJ mampu mempengaruhi minat mahasiswa Teknik Elektro FT UNJ untuk memilih profeshi guru SMK?
5. Apakah hasil belajar PPL yang tinggi mempunyai hubungan terhadap minat mahasiswa Teknik Eleltro UNJ untuk memilih profesi guru SMK Jurusan Teknik Elektro?

PROFESI GURU
Diantara bermacam-macam keinginan manusia , keinginan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak merupakan salah satu minat mahasiswa yang baru lulus atau menyelesaikan jenjang pendidikan telah ditempuh. Guru sebagai salah satu jenis profesi, memiliki arti sebagai orang yang pekerjaannya mengajar. Sesuai dengan misi yang diusung UNJ, yaitu menghasilkan tenaga akademik profesional di bidang pendidikan, maka menjadi tenaga pendidik atau yang lebih dikenal sebagai guru merupakan salah satu profesi pilihan utama bagi mahasiswa atau mahasisiwi UNJ.
Padahal, pilihan profesi juga ditentukan oleh minat dan bakat orang itu sendiri. Bakat merupakan sesuatu yang telah menjadi bawaan (sejak lahir sudah ada). Sedangkan, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, minat diartikan sebagai perhatian, kesukaan (kecenderungan hati) kepada sesuatu. Minat tidak dibawa sejak lahir, melainkan diperoleh kemudian. Minat terhadap sesuatu dipelajari dan mempengaruhi penerimaan minat-minat baru. Jadi, minat terhadap sesuatu merupakan hasil belajar dan mendukung belajar selanjutnya.
Sebelum pemerintah memberikan porsi yang besar untuk dunia pendidikan dalam anggaran pemerintah, profesi guru sepertinya kkurang diminati orang muda zaman sekarang. Namun kini, profesi guru sudah banyak diminati.

PPL
PPL merupakan singkatan dari Program Pengalaman Lapangan. PPL merupakan suatu program ajang pelatian mengaplikasikan berbagai pengetahuan, sikap, dan ketrampilan dalam rangka permbentukan guru yang profesional (termasuk di dalamnya kegiatan observasi dan partisipasi serta kegiatan lainnya bagi jurusan tertentu yang ada di UNJ, seperti: latihan mengajar, ujian, serta tugas kependidikan lainnya). Tujuan PPL sendiri adalah membekali mahasiswa yang melaksanakan PPL denmgan kemampuam profesional di bidang kependidikan.

METODE PENELITIAN
Metode penelitian yang digunakan adalah ex post facto dengan pendekatan korelasional, karena pengambilan data dilakukan tanpa memanipulasi variabel bebas secara langsung.
Variabel yang digunakan adalah
1. Variabel terikat ( minat mahasiswa tekinik elektro FT UNJ untuk memilih memilih profesi guru SMK jurusan listrik)
2. Variabel bebas (hasil belajar Program Pengalaman Lapangan).

HASIL PENELITIAN

Terdapat hubungan positif antara hasil belajar PPL dengan minat mahasiswa memilih profesi guru SMK. Hubungan ini bukan merupakan suatu kebetulan karena telah diuji melalui analisis statistik.
KESIMPULAN
Berdasarkan pengujian hipotesis dan interpretasi hasil pengujian hipotesis penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubaungan positif antara hasil belajar PPL dengan minat mahasiswa utnuk memilih profesi guru SMK.

SARAN
Dalam rangka meningkatkan minat mahaiswa memilih profesi guru khususnya guru SMK bidang elektro, dapat disarankan hal-hal berikut:
1. Perlu adanya peninjauan ulang terhadap pelaksanaan PPl di sekolah agar PPL benar-benar dapat menjadi guru yang profesional nantinya.
2. Perlu adanya pemantauan yang serius dari para dosen dan guru pamong di sekolah bagimahasiswa yang sedang melaksanakan PPL, sehingga penilaian yang dilakukan terhadap mahasiswa tidak anya pada saat ujian praktik mengajar saja.
DAFTAR PUSTAKA

Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka 1990.

UPT-PPL, Pedoman Pelaksanaan PPL IKIP Jakarta, Jakarta : UPT-PPL IKIP Jakarta, 1998.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar