Sabtu, 28 Februari 2009

Kerangka Karangan

Nama : Teguh Iman Perdana
No. Reg. : 515080269
Kerangka Karangan

Perbedaan Hasil Belajar Pembuatan Rangkaian Pengendali Dasar ( PRPD ) Antara Siswa Yang Diajarkan Menggunakan Powerpoint Dengan yang diajar menggunakan OHT

( Overhead Transparant ) Atau OHP ( Overhead Projector )

Suatu Studi Siswa Kelas 2 SMK Negeri 5 Kelompok Teknologi dan Industri Jakarta Timur

Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang dan identifikasi masalah di atas, maka masalah yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini adalah “ apakah ada perbedaan hasil belajar PRPD antara siswa yang diajarkan menggunakan Powerpoint dengan yang diajarkan menggunakan OHT pada siswa kelas 2 SMK Negeri 5 Jakarta program keahlian

listrik ?”.

Tujuan Umum Penelitian

Tujuan yang hendak dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar perbedaan hasil belajar PRPD antara siswa yang diajarkan menggunakan Powerpoint dengan yang diajarkan menggunakan OHT pada siswa kelas 2 SMK Negeri 5 Jakarta program keahlian listrik.

Kegunaan Penelitian

1. Dapat menjadi bahan masukan untuk pelaksanaan proses belajar mengajar pada mata pelajaran Pembuatan Rangkaian Pengendali Dasar ( PRPD ).

2. Dapat menjadi bahan masukan bagi pengembangan kurikulum 2004di SMK 5 Jakarta di masa yang akan dating.

3. Dapat bermanfaat sebagai referensi bagi mereka yang ingin melakukan penelitian lebih mendalam mengenai permasalahan yang berkaitan dengan penelitian ini.

Metodologi Penelitian

  1. Tujuan Operasional Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis secara empiris apakah terdapat perbedaan hasil belajar perencanaan rangkaian pengendali dasar antara siswa yang diajarkan menggunakan Powerpoint dengan menggunakan media OHP.

  1. Tempat dan Waktu

1. Tempat penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 5 Jakarta.

2. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan April sampai dengan Juni 2006

( Semester II tahun ajaran 2005 / 2006 ).

  1. Metode Penelitian

Metode yang dipakai adalah metode penelitian experiment karena peneliti menggunakan dua variable bebas serta mengamati variable terikat, untuk melihat perbedaan yang sesuai dengan manipulasi variable – variable bebas tersebut.

  1. Desain Penelitian

  1. Variabel Penelitian

Ø Variabel terikat : Hasil belajar Perencanaan Rangkaian Pengendali Dasar

Ø Variabel bebas : Jenis media pembelajaran yang dibedakan.

1. Media Powerpoint

2. Media OHT

  1. Definisi Operasional Variabel

  1. Populasi dan Sanpling

Populasi penelitian ini adalah siswa kelas dua program keahlian listrik instalasi, SMK Negeri 5 Jakarta, tahun ajaran 2005 / 2006, sebanyak tiga kelas, yang dipilih secara random. Didapat satu kelas sample sebanyak 30 orang dari satu kelas sample dibagi menjadi dua kelompok sesuai dengan ukuran kelas ( maksimal 15 orang ).

  1. instrument Penelitian

  1. Teknik Pengumpulan Data

Menggunakan data nilai selisih antara test awal dan akhir program diklat Pembuatan Rangkaian Pengendali Dasarpada dua kelompok setelah diberi perlakuan yang berbeda dengan menggunakan soal yang sama. Penelitian dilakukan penulis untuk membandingkan data hasil belajar.

  1. Teknik Analisis Data

  1. Hipotesis Statistik

Kesimpulan

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan hasil belajar pembuatan Rangkaian Pengendakli Dasar ( PRPD ) antara yang diajar dengan menggunakan Powerpoint dan OHP.

Berdasarkan hasil penelitian perbedaan hasil belajar PRPD antara yang diajar menggunakan Powerpoint dan OHP dapat ditari kesimpulan :
Dari hasil uji hipotesis dengan uji t diperoleht hitung = 3, dan t tabel = 1,70 pada taraf α = 0.05 dengan dk = 28 sehingga thitung berada di daerah penerimaan Hi, maka H0 ditolak, H1 diterima. Kesimpulannya menggunakan Powerpoint lebih tinggi terhadap hasil belajar yang menggunakan OHT.

Saran

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dicapai, maka disarankan dalam proses belajar mengajar seorang guru menampilkan cara dan metode mengajar khususnya dalam pengembangan media yang diterapkan kepada siswa dan juga sekolah bersangkutan diharapkan dapat memberikan pelatihan kepada tenaga pengajar dalam pengembangan media dengan menggunakan teknologi komputer.

Daftar Pustaka

A.M, Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : Raja Grafindo Persada, 1994.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : Rineka Cipta, 1993.

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran, Jakarta : Rajawali Pers, 2003.

Dahar, Ratna Willis. Teori – teori Belajar, Jakarta : DEPDIKBUD, PLLPTK, 1988.

Depdiknas. GBPP dan Kurikulum SMK, Jakarta : DEPDIKNAS, 1999.

Djamahar, Syaiful B. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Rineka Cipta, 1997.

Monantun, Readisal. Dasar – dasar Sequence Kontrol, UNJ.

Sudjana. Metode Statistik, Bandung : Tarsito, 1996.

Syah, Muhibbbin. Psikologi Belajar, Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2003.

Sutoyo, Djoko. Pembelajaran Teknologi Komputer, Yogyakarta : Rineka Cipta, 1999.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar